BLOG INI BERISI BUAH PEMIKIRAN TENTANG

IMAN KEPADA YESUS KRISTUS

Maka segala info yang berkait dengan

TIADA2.COM

diluar tanggungjawab pemilik blog.

Jadi info dalam blog ini

Untuk

IMAN KEPADA YESUS KRISTUS

TUHAN dan JURU SELAMAT

Sample Text

Driyakara: Memanusiakan manusia muda

Menurut Driyakara, pendidikan merupakan usaha memanusiakan manusia muda.[1]  Manusia pada dasarnya memiliki potensi yang memungkinkannya untuk berperilaku dalam aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotorik (ketrampilan). Ketiga ranah ini mengalami perubahan melalui interaksi dengan lingkungannya yakni melalui proses belajar.  Pemahaman akan proses belajar akan menjadi sesuatu yang penting bagi setiap orang agar dapat melakukannya secara efektif dan efisien. Utamanya bagi pendidik (guru dan dosen) yang bertugas untuk membantu peserta didik dalam melakukan proses belajar yang efektif dan efisien itu. Pesan yang terdapat dalam kurikulum haruslah diterjemahkan/disampaikan ke dalam suatu kegiatan belajar-mengajar agar pesan tersebut (yakni tujuan pendidikan) dapat diterima oleh peserta didik.
Menurut Joni Raka (1985:7) menyatakan bahwa belajar itu adalah suatu yang harus dilakukan sendiri (dihayati oleh yang bersangkutan), maka mengajar merupakan upaya menciptakan suatu sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar.[2]
Merujuk pada sub topik di atas yaitu pengertian proses pembelajaran, maka dalam paparan ini dikemukakan beberapa pengertian proses pembelajaran. Proses pembelajaran adalah interaksi antara pendidik dengan peserta didik, dan peserta didik dengan sumber belajar. Dalam pembelajaran terdapat dua kegiatan terstruktur yaitu belajar dan mengajar. Mengajar dilaksnakan oleh pendidik, dan belajar dilakukan oleh peserta didik. Dua kegiatan terstruktur ini memiliki landasan epistemology[3], landasan epistemology (pengetahuan tentang belajar dan mengajar) akan menolong upaya mewujudkan efektivitas pembelajaran.
Pembelajaran adalah istilah yang biasa dipakai dalam dunia pendidikan. Dan sering istilah ini dipakai untuk kegiatan belajar-mengajar yang dilaksanakan secara formal. Kegiatan belajar dalam penelitian ini berhubungan dengan nara didik, sedangkan kegiatan mengajar berhubungan dengan dosen.
            Jadi, frasa “proses pembelajaran” dalam bahasan ini diartikan interaksi timbal balik antara pendidik (guru dan dosen) dengan peserta didik, antara sesame peserta didik,  dan antara peserta didik dengan sumber-sumber belajar yang berlangsung dalam pembelajaran untuk bidang studi tertentu yang diajarkan dalam kelas/ruang kuliah dalam setiap pertemuan yang berlangsung dalam jangka waktu tertentu yaitu satu semester.

Penulis : Yonas Muanley





[3] Epistemologi merupakan cabang filsafat yang memfokuskan kajiannya pada bagaimana memperoleh pengetahuan yang benar. Pengetahuan yang benar itu dapat bertitik tolak dari teori korespondensi, koherensi dan prakmatisme, atau teori kebenaran lainnya yang diakui dalam filsafat ilmu.

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Recent Posts

PHOTO GALLERY

Download

BAN

Blogger Tricks

Blogger Themes

Popular post

About Me

Yonas Muanley
Lihat profil lengkapku