BLOG INI BERISI BUAH PEMIKIRAN TENTANG

IMAN KEPADA YESUS KRISTUS

Maka segala info yang berkait dengan

TIADA2.COM

diluar tanggungjawab pemilik blog.

Jadi info dalam blog ini

Untuk

IMAN KEPADA YESUS KRISTUS

TUHAN dan JURU SELAMAT

Sample Text

Pengertian Belajar Menurut aliran-aliran Psikologi

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari kepribadian manusia. Dalam perkembangannya, psikologi telah berpengaruh dalam berbagai disiplin ilmu. Setiap disiplin ilmu membutuhkan kebenaran ilmu psikologi yang bersifat psikologi terapan. Dalam dunia pendidikan, baik umum maupun pendidikan keagamaan (teologi) tidak dapat dipisahkan dengan pengaruh psikologi.
Kepribadian sebagaimana yang menjadi fokus perhatian para ahli psikologi, telah berpengaruh dalam dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan, manusia yang melakukan kegiatan belajar adalah manusia yang memiliki kepribadian. Sejauh mana manusia yang belajar itu mengalami perubahan yang disebabkan karena belajar. Apakah belajar adalah perubahan yang hanya terjadi dalam pengetahuan? Atau juga meliputi aspek lain yang berhubungan dengan kepribadian?. Jawabannya adalah berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh berbagai ahli psikologi pendidikan. Hasilnya adalah adanya berbagai aliran dalam psikologi pendidikan yang memiliki pemahaman dan penekanan yang berbeda tentang pengertian belajar.  Aliran-aliran itu seperti: aliran teori belajar psikologi behavioristik yang terbagi dalam rumpun psikologi asosiasi, psikologi conditioning, psikologi penguatan.
Berikut ini diuraikan tiga pengertian belajar menurut aliran-aliran psikologi belajar. Pengertian-pengertian belajar itu dapat diuraikan sebagai berikut.[1]
Pertma, aliran psikologi belajar kognitif. Menurut aliran psikologi kognitif, belajar adalah proses perubahan kognitif (pengetahuan). Aliran ini menekankan belajar pada proses mengetahui sebagai tingkat yang rendah pada tingkat yang lebih tinggi yaitu mengevaluasi.
Kedua, aliran psikologi behaviorisme. Belajar menurut aliran behavioristik tidak lain adalah peserta didik mengalami perubahan perilaku yang terjadi dalam diri nara didik karena koneksionisme yang selanjutnya mengkondisikan situasi belajar atau membentuk kebiasaan belajar, sehingga apapun hasilnya harus diberi penguatan atas respon nara didik
Ketiga, aliran psikologi belajar humanistic yaitu suatu aliran dalam psikologi belajar yang menekankan belajar pada aspek menghargai nara didik sebagai manusia yang harus dihargai atau menganggap nara didik secara positif, memperlakukan nara didik secara manusiawi. Pendekatan aliran psikologi humanistik ini mengedepankan nilai positif terhadap nara didik dan meminimalisasi aspek negatif.

Penulis: Yonas Muanley




[1] Joni Bokko, Diktat Teori Pembelajaran Jurusan PAK, 2004

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Recent Posts

PHOTO GALLERY

Download

BAN

Blogger Tricks

Blogger Themes

Popular post

About Me

Yonas Muanley
Lihat profil lengkapku