BLOG INI BERISI BUAH PEMIKIRAN TENTANG
IMAN KEPADA YESUS KRISTUS
Maka segala info yang berkait dengan
TIADA2.COM
diluar tanggungjawab pemilik blog.
Jadi info dalam blog ini
Untuk
IMAN KEPADA YESUS KRISTUS
TUHAN dan JURU SELAMAT
Sample Text
Pengertian Belajar Menurut aliran-aliran Psikologi
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari
kepribadian manusia. Dalam perkembangannya, psikologi telah berpengaruh dalam
berbagai disiplin ilmu. Setiap disiplin ilmu membutuhkan kebenaran ilmu
psikologi yang bersifat psikologi terapan. Dalam dunia pendidikan, baik umum
maupun pendidikan keagamaan (teologi) tidak dapat dipisahkan dengan pengaruh
psikologi.
Kepribadian sebagaimana yang
menjadi fokus perhatian para ahli psikologi, telah berpengaruh dalam dunia
pendidikan. Dalam dunia pendidikan, manusia yang melakukan kegiatan belajar
adalah manusia yang memiliki kepribadian. Sejauh mana manusia yang belajar itu
mengalami perubahan yang disebabkan karena belajar. Apakah belajar adalah
perubahan yang hanya terjadi dalam pengetahuan? Atau juga meliputi aspek lain
yang berhubungan dengan kepribadian?. Jawabannya adalah berdasarkan hasil
penelitian yang dilakukan oleh berbagai ahli psikologi pendidikan. Hasilnya
adalah adanya berbagai aliran dalam psikologi pendidikan yang memiliki
pemahaman dan penekanan yang berbeda tentang pengertian belajar. Aliran-aliran itu seperti: aliran teori
belajar psikologi behavioristik yang terbagi dalam rumpun psikologi asosiasi,
psikologi conditioning, psikologi penguatan.
Berikut ini diuraikan tiga
pengertian belajar menurut aliran-aliran psikologi belajar. Pengertian-pengertian
belajar itu dapat diuraikan sebagai berikut.[1]
Pertma, aliran psikologi belajar
kognitif. Menurut aliran psikologi kognitif, belajar adalah proses perubahan
kognitif (pengetahuan). Aliran ini menekankan belajar pada proses mengetahui
sebagai tingkat yang rendah pada tingkat yang lebih tinggi yaitu mengevaluasi.
Kedua, aliran psikologi
behaviorisme. Belajar menurut aliran behavioristik tidak lain adalah peserta
didik mengalami perubahan perilaku yang terjadi dalam diri nara didik karena
koneksionisme yang selanjutnya mengkondisikan situasi belajar atau membentuk
kebiasaan belajar, sehingga apapun hasilnya harus diberi penguatan atas respon
nara didik
Ketiga, aliran psikologi belajar
humanistic yaitu suatu aliran dalam psikologi belajar yang menekankan belajar
pada aspek menghargai nara didik sebagai manusia yang harus dihargai atau
menganggap nara didik secara positif, memperlakukan nara didik secara
manusiawi. Pendekatan aliran psikologi humanistik ini mengedepankan nilai
positif terhadap nara didik dan meminimalisasi aspek negatif.
Penulis: Yonas Muanley
Penulis: Yonas Muanley
10.02
|
Label:
Pengertian Belajar Menurut aliran-aliran Psikologi
|
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "
Recent Posts
PHOTO GALLERY
Download
BAN
Blogger Tricks
Blogger Themes
Popular post
-
BAHAN AJAR DIDAKTIK KRISTEN Materi ini telah saya sampaikan di Program Magister Divinity Standar Kompetensi : Mampu menerapkan ...
-
Yesus Berkata kepada mereka: “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” Ayat ini dapat disebut sebagai proklamasi tujua...
-
Pengertian belajar dalam bahasan ini akan dilihat dalam beberapa pandangan para ahli pendidikan: Pertama, menurut Ad. Rooijakkers [...
-
Berjuang menjadi publisher merupakan suatu kesukaan tersendiri. Malam ini kembali saya posting sebuah berita tentang dapat dollar melalui ...
-
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas proses pembelajaran, dan variable-variabel yang mempengaruhi efektivit...
-
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari kepribadian manusia. Dalam perkembangannya, psikologi telah berpengaruh dalam berbagai disiplin ilm...
-
Menurut Driyakara, pendidikan merupakan usaha memanusiakan manusia muda. [1] Manusia pada dasarnya memiliki potensi yang memungkinkannya...
-
Setiap pendidik Kristen memiliki dorongan-dorongan atau keinginan-keinginan dalam dirinya untuk berprestasi dalam mengajar. Kemauan berpr...
-
Zaman Yesus dan zaman kini berbeda, teknologi pada zaman Yesus dengan teknologi pada zaman kini berbeda. Yesus pada waktu melaksanakan tug...
-
Efektivitas juga dapat didefinisikan dengan empat hal yang menggambarkan tentang efektivitas, yaitu: (1) mengerjakan hal-hal yang benar, d...
About Me
- Yonas Muanley
Blog Archive
-
▼
2016
(10)
-
▼
Maret
(10)
- Berjuang menjadi publisher popcashnet
- Efektivitas proses pembelajaran Pendidikan Agama K...
- Motivasi Berprestasi dalam Mengajar
- Pemanfaatan Free Weblog Sebagai Ragam Media Instru...
- Perumusan dan Penyampaian tujuan (Matius 4:19)
- Pengertian Belajar Menurut aliran-aliran Psikologi
- Pengertian Belajar Menurut Rooijakkers dan Winkel
- Contoh Abstraksi Penelitian Mahasiswa
- Driyakara: Memanusiakan manusia muda
- Proses Pembelajaran
-
▼
Maret
(10)
Popcash
- Berjuang menjadi publisher popcashnet
- Contoh Abstraksi Penelitian Mahasiswa
- didaktik kristen
- Efektivitas proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen
- Memanusiakan manusia muda
- Motivasi Berprestasi dalam Mengajar
- Pemanfaatan Free Weblog Sebagai Ragam Media Instruksional Pendidikan Kristen
- Pengertian Belajar Menurut aliran-aliran Psikologi
- Pengertian Belajar Menurut Rooijakkers dan Winkel
- Perumusan dan Penyampaian tujuan (Matius 4:19)
- Proses Pembelajaran
0 komentar:
Posting Komentar