BLOG INI BERISI BUAH PEMIKIRAN TENTANG

IMAN KEPADA YESUS KRISTUS

Maka segala info yang berkait dengan

TIADA2.COM

diluar tanggungjawab pemilik blog.

Jadi info dalam blog ini

Untuk

IMAN KEPADA YESUS KRISTUS

TUHAN dan JURU SELAMAT

Sample Text

Pengertian Belajar Menurut Rooijakkers dan Winkel

Pengertian belajar dalam bahasan ini akan dilihat dalam beberapa pandangan para ahli pendidikan:

Pertama, menurut Ad. Rooijakkers[1], belajar adalah proses perubahan dari tidak tahu menjadi mengerti. Menurut definisi ini nara didik mengalami belajar dalam arti sesungguhnya apabila telah mengerti dan untuk sampai pada taraf mengerti maka nara didik harus melalui tahap-tahap dalam proses belajar, yaitu: motivasi, perhatian, menerima dan mengingat, reproduksi, generalisasi, melaksanakan latihan dan umpan balik. Dengan melewati tahap ini maka nara didik akan mencapai belajar yaitu mengerti.
Kedua, menurut W.S.Winkel,[2] belajar adalah proses perubahan dari belum mampu ke arah sudah mampu. Kemampuan disini menyangkut kemampuan kognitif yang meliputi pengetahuan dan pemahaman, kemampuan sensorik-psikomotorik yang meliputi ketrampilan melaksanakan rangkaian gerak-gerik dalam urutan tertentu; kemampuan dinamik-afektif yang meliputi sikap dan nilai yang teresapi dalam perilaku dan tindakan.

Jadi, menurut kedua ahli di atas, belajar adalah proses perubahan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Perubahan dalam tiga ranah: kognitif, afektif dan psikomotorik disebut hasil belajar. Dengan demikian dapat dikatakan peserta didik yang mengalami belajar adalah peserta didik yang mengalami perubahan dalam kognitif, afektif dan psikomotorik. 

Ditulis oleh Yonas Muanley




[1]Definisi belajar dari Rooijakkers yang dikemukakan di atas disimpulkan dari gambar proses belajar (gambar 1). Lihat Ad. Rooijakkers, Mengajar dengan Sukses, Petunjuk Untuk Melaksanakan dan Menyampaikan Pengajaran (Jakarta : Gramedia, 2010), hlm. 14
[2]W.S.Winkel, Psikologi Pengajaran (Jakarta : Gramedia, 1989), hlm. 34

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Recent Posts

PHOTO GALLERY

Download

BAN

Blogger Tricks

Blogger Themes

Popular post

About Me

Yonas Muanley
Lihat profil lengkapku